3 Kemenangan Paling Telak dalam Piala Dunia

Pertandingan yang menghasilkan skor dengan margin besar dalam panggung final Piala Dunia adalah hal langka dan jarang terjadi. Akan tetapi, hal ini tampak tidak asing bagi Brasil.

Hingga saat ini, kemenangan dengan margin tiga gol masih tercatat sebagai salah satu kemenangan paling telah di pertandingan final Piala Dunia. Hal tersebut baru terjadi tiga kali saja sepanjang perhelatan kompetisi sepak bola empat tahunan ini.

Uniknya, Brasil sebagai pemegang rekor lima kali mendapatkan gelar juara Piala Dunia, selalu saja terlibat di dalamnya. Brasil berhasil memenangi dua di antaranya dan satu kali menjadi korban.

Brasil 5-2 Swedia (Piala Dunia 1958)

Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia dikenal sebagai ajang debut dari sosok legenda Brasil, Pele. Kala itu usianya baru menginjak 17 tahun.

Brasil pun berhasil lolos ke babak final dan bertemu dengan tuan rumah Swedia. Laga final ini digelar di Rasunda Stadium, Solna, pada 29 Juni 1958. Brasil berhasil memenangkan pertandingan secara telah 5–2 dan membubuhkan gelar juara pertamanya.

Dalam pertandingan tersebut, Vava dan Pele masing-masing menyumbangkan dua gol untuk negaranya, sedangkan satu gol lagi dihasilkan oleh Mario Zagallo. Sedangkan dua gol dari Swedia diberikan oleh Nils Liedholm dan Agne Simonsson.

Brasil 4–1 Italia (Piala Dunia 1970)

Piala Dunia 1970 di Meksiko merupakan gelaran Piala Dunia pertama yang disiarkan melalui televisi dengan format berwarna pada masanya. Brasil pun berhasil meraih gelar juara untuk yang ketiga kalinya. Lawannya saat itu cukup berat, yakni Italia.

Dalam laga final yang digelar di Estadio Azteca, 21 Juni 1970 tersebut Brasil tampil perkasa dengan menang 4-1 atas Italia.

Prancis 3-0 Brasil (Piala Dunia 1998)

Brasil pun kembali terlibat dalam laga final Piala Dunia dengan kemenangan margin tiga. Akan tetapi, kali ini mereka harus menjadi korban.

Pada laga final Piala Dunia 1998 yang digelar di Stade de France, 12 Juli 1998. Brasil tampil bersaing dengan tuan rumah Prancis untuk memperebutkan gelar juara.

Diwarnai dengan misteri pada penampilan striker utama mereka, Ronaldo, Brasil pun ditumbangkan 0-3 oleh Prancis kala itu.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.